TUGAS
MATA KULIAH PENGANTAR ILMU SOSIAL
KELOMPOK
BAB 8
1.
RAHMI
FITRI (1106532/2011)
2. CICI OKTIA FERYANI (1301966/2013)
3. EMIL LIZA MARZENA (1302052/2013)
4. JEFRI ARDI (1301980/2013)
5. DESI FITRIANI (1302010/2013)
6. FAUZAN
JURUSAN
GEOGRAFI
FAKULTAS
ILMU SOSIAL
UNIVERSITAS
NEGERI PADANG
2014
Dimensi
Ruang dan Waktu Ilmu Sosial: konsep dan keterampilan
(Terjemahan)
“Saya kagum pada banyak hal yang
anda ajarkan dengan menghubungkannya pada kondisi terkini”, Nadine Jackson berkata kepada guru asosiasi bidangnya Carole Robb, “Baru
hari ini di Afrika, anak-anak menggunakan peta dan diagram, mereka menghubungkan kejadian masa sekarang
dengan masa lalu, dan mereka
menganalisis berita dengan bijaksana. Anda bahkan dapat memproyeksikan pikiran mereka ke masa depan ketika
Anda meminta mereka untuk berspekulasi
tentang pemikiran mereka barangkali
mengenai situasi lima puluh tahun
dari sekarang, bilamana pemimpin
sekarang akan digantikan.
“Anda seorang pengamat yang perspektif, Nadine, ”respon
Robb. “Salah satu rencana yang baik untuk menghasilkan pemikiran mereka-setidaknya
sebentar saja! faktanya
adalah begitu banyak yang harus kita ajar dalam ilmu sosial, segala
sesuatu itu penting, sederhanya kita harus menemukan cara menggandakan-mendapatkan pikiran yang ekstra
luas untuk berbicara, dari segala
hal yang kita lakukan. Saya menemukan bahwa keterampilan yang
pada dasarnya alat untuk belajar
dan untuk penanganan data sering
lebih efektif diajarkan bersama
dengan materi pelajaran. Keterampilan dan konsep-konsep seperti
yang terkait dengan membaca
peta dan globe, menafsirkan grafik
dan diagram, dan mengorientasikan anak-anak
pada waktu
dan kronologi
menjadi sangat afektif diterapkan sehubungan dengan peristiwa saat ini."
“Kamu tidak seharusnya memberi saya penghargaan terhadap
keterampilan pengamatan saya, Robb. Itu hanya terjadi ketika instruktur kami membahas kebutuhan untuk mencapai
beberapa tujuan sekaligus pada sesi terakhir klinik. Hasilnya, menjadi perhatian bagi saya untuk mencari tahu tentang apa yang saya lihat Anda melakukannya dengan baik pagi
ini. Seminggu yang lalu semuanya hilang dari
pikiran saya.
Tapi saya tidak mengerti bagaimana Anda bisa mendapatkan program
perencanaan yang teratur seperti ini. Ini terlihat seperti kesempatan yang
cantik buat saya untuk mengembangkan sebuah program. Tak adakah risiko menghilangkan
keterampilan penting mereka ketika Anda mengajar mereka dengan cara ini? "Nadine bertanya.
"Mereka pasti seperti itu," kata Mr.Robb, "jika kita mengandalkan sepenuhnya pada cara ini mengajar mereka. apa yang saya lakukan adalah untuk menggabungkan jenis mengajar, Anda melihat pagi ini
dengan pengajaran langsung keterampilan ini. saya tidak meminta siswa untuk
menerapkan keterampilan. Anda melihat mereka lakukan kecuali
keterampilan benar-benar telah diajarkan sebelumnya. kadang-kadang
berita acara juga menyediakan kesempatan untuk memperkenalkan dan mengajarkan variasi baru dari keterampilan. saya
menggunakan keterampilan ini bagian
yg akan kami kembangkan di kabupaten sebagai panduan
untuk memastikan bahwa semua keterampilan
penting diajarkan sepanjang tahun. yang menyediakan untuk pengembangan berurutan dan sistematis
Anda khawatir tentang”.
Carole Robb menunjukkan magang, Nadine Jackson,
keterampilan Bagan diadopsi oleh district.it disiapkan oleh sebuah komite guru,
dengan bantuan dari seorang spesialis, dan didasarkan pada urutan yang
dikembangkan oleh dua penulis untuk buku tahunan dewan nasional untuk pembelajaran.nadine Sosial Jackson dapat melihat bagaimana
panitia lokal dipengaruhi oleh pernyataan NCSS karena identifikasi
keterampilan berikut sebagai orang-orang "adalah
tanggung jawab utama dari studi sosial": (1) membaca studi sosial bahan,
(2) menerapkan pemecahan masalah dan kriteria-pemikiran keterampilan untuk isu-isu sosial, (3)
menafsirkan peta dan bola dunia, dan (4) memahami waktu dan kronologi.
itu jelas juga, bahwa ms willis, instruktur klinik,
diyakini keterampilan ini sangat penting bagi pendidikan ilmu-ilmu sosial karena
mereka tercermin dalam daftar kompetensi dasar dia memberikan magang:
Kompetensi
dasar ilmu sosial guru magang mampu
1. menjelaskan pentingnya dimensi waktu dan ruang dari
pendidikan ilmu sosial.
2. mengidentifikasi keterampilan peta dan globe yang merupakan bagian penting dari program
ilmu sosial.
3. merencanakan, lokasi, dan menggunakan pengalaman belajar dan sumber belajar
untuk mengajar konsep dan
keterampilan dari peta dan globe.
4. membantu anak-anak dalma mengembangkan materi waktu dan kronologi.
5. memanfaatkan urusan saat ini untuk mengajarkan ilmu-ilmu sosial konsep dan
keterampilan.
6. mengajar anak-anak untuk membaca dan menafsirkan data yang disajikan
dalam bentuk grafik, gambar, dan kartun.
laporan internal
setelah menyelesaikan bab ini, bersama dihubungkan
dengan pekerjaaan di klinik dan pengalaman kelas yang sesuai di lapangan, Anda harus dapat melakukan
hal berikut:
1. menggambarkan IPS
situasi mengajar di mana dimensi waktu dan ruang sangat penting untuk memahami ide-ide yang disajikan, dan menjelaskan
perbedaan dari waktu dan ruang untuk pendidikan
ilmu-ilmu sosial.
2. mengidentifikasi enam kegiatan kategori keterampilan
membaca peta dan memberikan dua contoh dari masing-masing.
3. mengidentifikasi lima aktivitas pembelajaran yang tepat untuk kelas pilihan Anda
yang dapat digunakan dalam peta dunia pengajaran
dan keterampilan dan sumber daya daftar
pembelajaran yang dibutuhkan untuk
melaksanakan setiap kegiatan.
4. melakukan episode
mengajar yang melibatkan perhatian instruksional untuk waktu dan kronologi.
5. merencanakan dan mengajarkan pelajaran berdasarkan acara baru saat ini.
6. merencanakan dan mengajarkan pelajaran yang membutuhkan penggunaan keterampilan yang berhubungan
dengan grafik, diagram, dan
kartun.
mengapa waktu dan ruang orientasi
merupakan bagian penting dari ilmu-ilmu sosial asuhan ?
misalkan seseorang datang ke sebuah ruangan penuh
orang dan mengumumkan , " telah terjadi bencana gempa ! " apa yang akan dikatakan oleh orang lain yang
hadir ? seseorang dapat memprediksi dengan tingkat kepercayaan yang tinggi
bahwa hal-hal berikutnya yang bisa dikatakan akan ,
"di mana hal
itu bisa terjadi ? "
kapan
itu terjadi ? "
hanya setelah pertanyaan ini dijawab akan ada suatu
kepentingan apakah orang terluka dan tingkat kerusakan . peristiwa tahan
sedikit makna bagi seperti kecuali kita tahu tempat dan waktu terjadinya .
akibatnya , dalam studi sosial kita menemukan diri kita terus-menerus membuat
referensi ke mana sesuatu terjadi dan kapan itu terjadi . . referensi tersebut
dimana sesuatu terjadi dan ketika itu
terjadi referensi tersebut untuk waktu dan tempat mungkin spesifik , suchas
lexington , massachusetts , April 18,1775 , atau mereka mungkin umum, seperti:
"Ini pasti dan tidak
terbatas referensi waktu dan
ruang juga melibatkan konsep kuantitatif:
ruang
jarak yang jauh
empat puluh mil
1.500 hektar
benua terbesar
55.000 mil persegi
231/2 lintang utara
waktu
segera setelah itu
perjalanan panjang
tiga dekade
empat abad sebelumnya
dua minggu kemudian
interval empat jam
referensi baik pasti dan tidak terbatas ruang dan waktu dapat
menyusahkan bagi anak-anak. misalnya, jika anak-anak membaca bahwa kapal
columbus, para santa maria, adalah 98 kaki panjang, referensi tersebut untuk
jarak mungkin akan berarti sesuatu yang berbeda untuk setiap anak di kelas.
mungkin dikonseptualisasikan sebagai jarak mulai dari satu tidak lebih besar
dari panjang kelas untuk salah
satu dari beberapa blok kota. ketika tiga
kebingungan tersebut selama referensi relatif sederhana dan pasti untuk jarak,
seseorang hanya bisa berspekulasi mengenai kesalahpahaman yang harus berlimpah
ketika kita menggunakan referensi seperti berikut:
sebuah
kota kecil adalah menjadi persegi, enam panjang di setiap sisi. masing-masing
kota itu harus dibagi menjadi tiga puluh enam bagian. bagian, oleh karena itu, adalah satu mil persegi dan memiliki 640 hektar
di dalamnya.
penelitian yang telah
dilakukan, pada waktu, ruang, dan konsep kuantitatif dalam studi sosial
menegaskan bahwa anak-anak sering salah paham mereka. kecenderungan
untuk melebih-lebihkan kemampuan anak-anak untuk menangani konsep-konsep
tersebut. sebagai hasilnya, peta sering
digunakan yang lebih kompleks daripada mereka harus mengingat matury anak-anak
menggunakan mereka. juga anak-anak dapat membuat dan menggunakan jalur yang
mereka benar-benar tidak memahami waktu. karena anak-anak begitu mudah
verbalisasi konsep kuantitatif seperti dekade, abad, ribuan, ratus, beberapa
mil, banyak tahun, dan 10 persen, para assumptionis bahwa mereka mengerti. penelitian tentang hal ini menunjukkan bahwa asumsi tersebut sering dalam
kesalahan.
ketika keabstrakan dari
konsep-konsep ini berkurang, mereka membuat makna untuk anak-anak.Kami
mencoba,sebelum, untuk memberikan anak-anak dengan referensi konkret untuk ruang dan waktu, satu
hal yang disukai dalam percobaan mereka. mengapa acara berita saat
ini memberikan skendaraan yang baik untuk
mengajarkan beberapa konsep dan
keterampilan. anak-anak membaca
tentang kejadian saat ini di
berkala kelas atau mendengar dan melihat mereka melaporkan di radio dan televisi baru.thus, menemukan tempat pada peta adalah perpanjangan alami dari pengalaman sehari-hari.
kurikulum studi
sosial beroperasi dalam matriks yang mungkin diwakili sangat sederhana sebagai berikut.
pengalaman yang
bisa memetakan di titik A akan menjadi yang paling abstrak dan akan biasanya
ditemukan di kelas-kelas awal. pengalaman pada titik B akan harus sulit untuk
membuat beton untuk anak-anak karena mereka jauh tidak hanya di ruang angkasa
tapi juga dalam waktu. karena banyak anak-anak sekarang memiliki pengalaman
langsung yang memperkenalkan mereka dengan tempat-tempat di luar lingkungan
mereka, itu tidak perlu untuk membatasi program studi sosial untuk daerah
setempat seperti dulu. bisa ada lebih banyak gerakan dari dekat di tangan untuk
jauh bahkan pada tingkatanya. kelas ini lebih sulit untuk
dilakukan dengan dimensi waktu, namun, realitas peristiwa masa lalu perlu
terikat hingga saat ini, sekali lagi menarik perhatian pentingnya menggunakan
berita acara saat ini.
ada
banyak alat bantu pembelajaran yang dapat membantu seseorang berurusan dengan konsep-konsep yang kompleks, disediakan satu memiliki keterampilan untuk menggunakan contoh mereka.Untuk, bola dunia dan peta adalah alat yang sangat diperlukan untuk bekerja dengan ruang dan hubungan spasial. garis waktu dan grafik dan tabel dapat membuat beberapa jenis hubungan kuantitatif lebih mudah untuk dipahami. sangat penting, karena itu, bahwa program studi sosial mengajarkan anak-anak bagaimana menggunakan alat ini.
tugas internal
a. mengidentifikasi suatu peristiwa saat ini dalam berita yang mungkin siutable
untuk digunakan dengan anak-anak Anda teachin.then mengidentifikasi ruang,
waktu, dan konsep kuantitatif yang berhubungan dengan peristiwa itu.
menjelaskan bagaimana sekarang akan mengajar mereka.
b. pilih sepuluh halaman secara acak dari sebuah sekolah dasar studi sosial
buku teks. mengidentifikasi semua ruang, waktu, dan konsep-konsep kuantitatif
Anda temukan di halaman tersebut. mengomentari seberapa baik Anda berpikir arti
dari konsep-konsep ini dikembangkan dalam teks.
KETERAMPILAN PETA
DAN GLOBE MANA YANG PENTING
BAGI KURIKULUM ILMU SOSIAL?
peta dan bola
dunia adalah kendaraan untuk mewakili ruang simbolis. fitur penting dari semua
peta dan bola dunia adalah gridwork, warna, skala, simbol, dan legenda yang
menjelaskan sistem simbol yang digunakan. kemampuan untuk membaca dan
menafsirkan peta dan bola dunia, seperti membaca konvensional, adalah
keterampilan meringkas karena merupakan gabungan dari beberapa subskills.
subskills ini dapat disimpulkan dengan membuat analisis perilaku seseorang
membaca peta yang terampil dalam hal itu. untungnya, hal ini tidak akan
diperlukan karena telah dilakukan oleh spesialis beberapa kali dan selalu dengan
agak hasil yang sama. satu daftar yang telah banyak digunakan oleh distrik
sekolah di seluruh bangsa dalam mengembangkan peta mereka dan keterampilan
dunia urutan muncul dalam dua buku tahunan Dewan Nasional untuk Studi Sosial:
1. kemampuan
untuk orientthe peta dan arah untuk dicatat.
2. kemampuan
untuk mengenali skala peta dan komputer jarak.
3. kemampuan
untuk menemukan tempat di peta dan bola dunia melalui sistem jaringan.
4. abiliy untuk
mengungkapkan lokasi relatif.
5. kemampuan
membaca simbol peta.
6. kemampuan
untuk membandingkan peta dan membuat kesimpulan.
ORIENTASI
directional
dalam rangka
untuk berurusan dengan hubungan arah di peta dan bola dunia, anak harus
terlebih dahulu memahami mereka dalam reality.The arah paling mudah untuk
digunakan adalah mereka yang mengekspresikan relatif lokasi, seperti dekat,
dekat, di sini, dan lebih there.these dapat belajar di grades.the arah mata
angin utama yang juga belajar di kelas-kelas utama dengan meminta mereka menunjukkan
dan dengan mengacu pada tempat-tempat yang tahu untuk anak-anak sebagai utara,
timur, selatan, dan arah on.placing label pada berbagai dinding kelas membantu
mengingatkan anak-anak kardinal direction.they dapat mengaitkan timur dan barat
dengan terbit dan terbenam sun.they dapat belajar bagaimana kompas digunakan
untuk mencari direction.while pada kunjungan lapangan ven ven, anak-anak harus
diberikan praktek dalam mencatat arah direvtions, mengamati terutama
directionstin itu, jalan-jalan dan jalan. secara bertahap. siswa belajar tujuan
kutub, meredians, bujur, dan paralel lintang dalam berorientasi peta dan
mencatat arah. ketika peta dengan proyeksi asing diperkenalkan, siswa akan
pemikiran manusia bagaimana membangun hubungan directional yang benar pada
mereka.
MENGGUNAKAN SKALA PETA
DALAM PEMBUATAN peta kartografer
mencoba untuk mereproduksi secara akurat ass posible bahwa sebagian dari bumi
yang diwakili. karena bola adalah model bumi, mereka dapat menunjukkan bumi
lebih tepat daripada peta bisa. tidak ada peta semua bisa bersama-sama setia
mewakili bumi hanya Karena
bumi itu bulat dan peta datar. Proses perataan pasti menghasilkan beberapa
distorsi.
Scalling adalah proses mengurangi segala sesuatu dalam jumlah yang sama.
Dalam bekerja dengan anak-anak di kelas-kelas utama, scaling harus dilakukan
dalam arti relatif. Beberapa hal yang smallers lebih besar daripada atau
hal-hal lain dan peta yang menunjukkan keharusan ukuran relatif mereka secara
tepat sebagai posible. Misalnya, pohon tinggi 50-kaki di halaman sekolah harus
sekitar lima kali lebih besar dari 10-kaki setinggi playground set. Pada peta
konvensional, tiga jenis skala yang digunakan:
1. Grafik scafe
2. Para inci-to-mil skala
3. Fraksi perwakilan
Dari jumlah tersebut, skala grafis adalah yang paling mudah untuk digunakan dan
dapat diajarkan pada sekitar kelas empat. Para inci-to-mil skala lebih
kompleks, tetapi juga dapat diajarkan di kelas-kelas menengah. Fraksi
perwakilan biasanya dianggap di luar lingkup program sekolah dasar. ,,
MENCARI
TEMPAT
kemampuan
untuk menemukan tempat di peta dan bola dunia dilengkapi dengan keakraban
dengan perangkat ini dibudidayakan selama Jangkawaktu beberapa tahun. anak
pertama-tama belajar untuk menemukan tempat yang diketahui mereka pada peta
sederhana dan layout yang mereka buat di kelas. di kelas awal, juga anak-anak
dapat mempelajari nama-nama dan bentuk beberapa fitur geografis utama, seperti
benua, lautan, khatulistiwa, dan kutub. Peta-peta dipersiapkan secara komersial
dan bola dirancang untuk nilai yang lebih rendah cukup sederhana, hanya
memiliki beberapa fitur yang ditampilkan. Secara bertahap, anak-anak meningkatkan
repertoar mereka tempat yang dikenal mereka dapat menemukan di peta dunia dan
karena sering referensi ke lokasi kota-kota penting, negara-negara, sungai,
gunung, dan ciri-ciri fisik lainnya.
Di kelas menengah, anak-anak diajarkan untuk
menggunakan koordinat untuk mencari tempat. Peta jalan raya lokal sangat cocok
untuk digunakan dalam mengajar keterampilan ini karena mereka berurusan dengan
luas akrab bagi anak-anak. Satu set garis-garis gridwork-mungkin garis-adalah
utara-selatan diidentifikasi dengan huruf; set lain garis diberi nomor. Guru
dapat memiliki anak (ini biasanya dilakukan di kelas empat) menemukan beberapa
tempat yang terletak pada atau sangat dekat n ke saluran utara-selatan,
mengatakan D. Kemudian beberapa tempat dapat ditemukan pada jalur timur-barat,
mengatakan 7. Jika guru yang cukup pintar untuk memilih dua koordinat yang
intersec pada titik utama dari bunga, anak-anak akan menemukan bahwa beberapa
kota atau fitur penting lainnya terletak pada titik di mana D dan 7
berpotongan. Pengalaman ini memberikan readines untuk penggunaan meridian bujur
dan lintang paralel dalam menemukan tempat di peta dinding dan dunia. Pada
tahap ini, anak-anak dewasa enought untuk memahami mengapa titik referensi
seperti kutub, khatulistiwa, dan meridian utama sangat penting dalam menemukan
tempat di sebuah bola.
BACAAN MAP SYMBOL
Peta menggunakan simbol untuk mewakili hal-hal yang
nyata: titik berbagai ukuran berdiri untuk kota-kota populasi yang berbeda:
warna yang digunakan untuk mewakili elevasi: tanda hash berdiri untuk tebing
curam: dan garis digunakan untuk menunjukkan batas-batas, garis pantai, dan
rivers.naturally, pembaca akan tidak memahami pesan MAPD kecuali dia tahu apa
simbol-simbol ini represent.th anak mulai belajar arti mereka di awal studi
sosial sekolah dasar pengembangan programthe Dari jumlah ini subskills sejajar
bahwa penempatan tempat di peta.
memetakan dan simbol dunia bervariasi dalam
abstractness.indeed mereka, beberapa peta sederhana untuk anak-anak di
kelas-kelas utama menggunakan simbol-simbol yang menjadi simbol bergambar atau
semipictorial.these baik terlihat seperti objeck yang sedang representred atau
memberikan petunjuk yang kuat untuk identity.it yang tidak akan mengambil
banyak imajinasi, misalnya, untuk membedakan daerah air dari lahan di dunia
yang hanya berdasarkan warna mereka.
urutan instruksional yang harus diikuti dalam mengajar
sistem simbol peta adalah bergerak secara bertahap dari simbol bergambar dan
semipictorial pada peta yang dibuat oleh anak-anak dengan simbol abstrak
digunakan pada peta konvensional dinding, bola, dan peta yang disertakan dalam
buku teks dari grades.it menengah dan atas adalah essensial bahwa anak-anak
belajar untuk berkonsultasi legenda peta atau kunci untuk mengkonfirmasi mana
simbol sedang used.in kebanyakan kasus anak-anak di kelas menengah dan atas
akan berhadapan dengan peta yang menggunakan simbol peta konvensional, tetapi
tujuan khusus peta seperti yang menunjukkan vegetasi.
Russell mengutip seorang ahli biologi Kanada yang
menemukan bahwa hanya sekitar enam puluh lima pembunuh paus tetap berada di
selat dari Georgia dan Juan de Fuca dan di Puget sound.Earlier Data telah
menempatkan jumlah paus di aout tiga ratus .
Yurisdiksi Tumpang Tindih
Kekuatan untuk menciptakan sebuah tempat kudus paus terletak pada pemerintah
federal , tetapi undang-undang federal mengatakan pemerintah dari sebuah negara
yang berisi kudus dapat memveto creation.This tumpang tindih yurisdiksi yang
terkadang menciptakan kebingungan atau tidak menghasilkan yang diambil .
Hingga saat ini , para pejabat federal pikir gubernur menentang penciptaan
pembunuh paus sanctuary di staf gubernur ths daerah.Staf mengatakan bahwa tidak
ada catatan bisa ditemukan gubernur pernah memiliki menentang usulan tersebut .
Senator senior yang menyerukan kembali untuk sesuatu yang kudus ia telah
menganjurkan sejak 1974.There ada alasan untuk percaya bahwa governot akan
menentang penciptaan tempat kudus paus pembunuh .
Bagaimana bisa sebuah berita jenis ini digunakan untuk instruksi IPS Berikut
adalah beberapa saran :
1.Use strategi yang dibahas pada halaman 131-132 dalam membuat analisis ini
situasi - yaitu, ( a) siswa telah mengidentifikasi fakta-fakta dari kasus
tersebut , ( b ) telah siswa mengidentifikasi isu-isu dalam kasus ini , ( c )
memiliki murid mengidentifikasi solusi alternatif untuk masalah ini dan daftar
konsekuensi dari setiap alternatif .
2.Use cerita ini sebagai batu loncatan untuk ar studi mendalam dari
species.More terancam punah dari lima ratus jenis hewan terdaftar sebagai
langka atau terancam punah , termasuk harimau India , singa Asiatic , macan
tutul salju , elang , beruang grizzly , buaya , dan beberapa butterflies.Pupils
harus masuk ke dalam nilai-nilai pertanyaan apakah atau tidak binatang harus
" berguna " untuk dilindungi .
3.Have murid mempelajari peran federal, negara bagian, lokal , dan relawan
kelompok dalam pengambilan keputusan mengenai isu-isu dari jenis yang disajikan
dalam story.This ini harus mendapatkan mereka ke dalam peraturan daerah dan
negara mengenai konservasi sumber daya alam dan lingkungan contamination.It
juga harus menghadapi masalah apa citizents individu atau kelompok warga negara
dapat lakukan ketika mereka melihat sesuatu terjadi yang mereka yakini sebagai
budi , bahkan jika hukum .
4.This cerita memberikan pengaturan yang sangat baik untuk studi isu
penangkapan hewan liar untuk digunakan dalam sirkus dan kebun binatang
zoos.Shoulds diizinkan sama sekali ? Apakah manfaat dari hewan kebun binatang ?
5.This cerita dapat memberikan dasar untuk studi web hidup dan makanan rantai -
yaitu , bagaimana changer dalam populasi dari satu binatang mengubah jumlah
hewan lain yang menjadi feeds.This dapat digabungkan dengan studi pengelolaan
satwa liar , berburu dan memancing regulatons , dan konsep musim terbuka .
6.Study kehidupan individu yang telah mendedikasikan ; mereka diri untuk
pelestarian satwa liar dan sumber daya alam lainnya : John Muir , Jack Miner ,
Gifford Pinchot , dan lingkungan lokal
7.Develop berita ini menjadi kegiatan rore - bermain di mana isu-isu yang
disorot dan resolusi yang memuaskan dimainkan
8.Have murid dalam komite devolep " posisi pernyataan " untuk
mewakili sudut pandang dari berbagai pelaku dalam kontroversi ini : pemburu
paus , gubernur , presiden dari kelompok lingkungan , warga marah , direktur
Aqua Life, Inc . , ho akan menerima paus ditangkap , dan sebagainya .
9.Use cerita untuk membangun minat dalam mengembangkan sebuah proyek sosial -
tindakan yang berhubungan dengan ekologi atau conservation.A kelas dua Tacher
di Wisconsin melaporkan kegiatan-kegiatan berikut yang dikembangkan dalam
proyek tersebut :
a.The anak membantu orang lain menjadi sadar akan masalah yang dihadapi oleh
satwa liar yang terancam punah dengan berbagi hasil penelitian mereka dengan
keluarga, teman , teman sekolah , pendeta, dan tetangga .
B.Mereka menulis surat kepada pejabat negara bagian dan federal untuk mendesak
dukungan mereka dari undang-undang yang dirancang untuk melindungi satwa liar .
c.They disajikan program yang berurusan dengan potensi ancaman terhadap satwa
liar oleh pengembang lahan , penjerat , pemburu , snowmobilers , pemburu ,
program pestisida , berkemah , dan sebagainya .
d.They menyusun daftar pedoman dan membagikannya kepada setiap murid di sekolah
, explaning cara individu dapat help.These adalah beberapa pedoman :
( 1 ) Menolak untuk menembak burung dan makhluk liar lainnya " hanya untuk
bersenang-senang "
( 2 ) Menolak untuk berpartisipasi dalam kejam dan senlesess "
kejar-kejaran " hewan liar di snowmobiles , mobil , sepeda , makanan ,
atau dalam kapal pesawat .
( 3 ) Menolak untuk menghancurkan rumah hewan
( 4 ) Menolak untuk mengganggu bayi burung dan hewan banies di sarang mereka .
Saran ini menyediakan ekstensi yang menarik dari program berita story.Of ,
tidak ada satu kelas akan terlibat dalam semua dari mereka , memang tidak
mungkin bahwa lebih dari satu akan used.Perhaps guru bisa membuat orang lain
bahkan lebih cocok daripada yang tersedia here.The titik daftar ini hanya untuk
menggambarkan berbagai kemungkinan yang menjadi sifatnya di bereputasi tinggi
berita stories.They saat memberikan kegembiraan kontroversi , mereka relevan
dengan aliran saat kejadian manusia , mereka berurusan dengan isu-isu kebijakan
publik , dan mereka meminjamkan diri mereka sangat baik untuk proyek-proyek
aksi sosial .
INTERN TUGAS 8-5
Pilih berita kepentingan lokal tertentu dan salah satu yang agak
controversial.Develop urutan pengajaran singkat berdasarkan isi dan isu bahwa
berita event.Use saran yang disajikan dalam bab ini dalam mengembangkan Anda
plans.Check rencana Anda dengan rekan fieId Anda guru , dan , jika disetujui ,
melaksanakan rencana Anda di kelas di mana Anda mengajar .
BAGAIMANA ANAK YANG DIAJARKAN untuk membaca dan menafsirkan GRAFIK , BAGAN ,
DAN CARTOONS
Karena meluasnya penggunaan grafik, diagram , dan kartun dalam studi sosial
matarials dan bahan cetak di luar sekolah , sangat penting bahwa warga negara
mengembangkan keterampilan yang dibutuhkan untuk membaca dan menafsirkan
them.Just membolak-balik surat kabar harian atau majalah berita mingguan
mengingatkan salah satu cara yang umum grafis ini digunakan dan seberapa kuat
pesan mereka conveyed.Citizens saat ini " mencerna " oriented.They
tidak memiliki waktu atau keinginan untuk mengarungi gunung narasi yang
menjelaskan peristiwa sosial atau conditions.They ingin untuk melihat cita-cita
ini dalam bentuk ringkasan dan memulai relief.Besides , kompleksitas data
sosial , banyak yang dalam bentuk statistik , cocok baik untuk format grafis .
Grafik yang digunakan untuk menggambarkan hubungan di antara hubungan
quantities.These dapat tersebar selama periode waktu , sehingga menunjukkan
grafik trends.The paling sering digunakan adalah beberapa variasi dari grafik
batang , grafik pie lingkaran , dan graph.Any lne ini grafik dapat mencakup
representasi bergambar , ada dengan membuat mereka lebih menarik untuk anak-anak
dan membuat contens kurang abstract.For contoh , dengan murid SD kelas , angka
tongkat dapat digunakan untuk mewakili anak-anak di sebuah bar grafik yang
menunjukkan nimber murid absen dari kelas setiap day.It mudah untuk
memvisualisasikan hubungan bagian ke seluruh dalam grafik lingkaran , tetapi
untuk membangun satu akurat membutuhkan kemampuan untuk menghitung persentase ,
biasanya tidak mungkin di kelas-kelas sekolah dasar . buku pelajaran sekolah
dasar modern memanfaatkan liberal dari grafik dalam penyajian data , tetapi
siswa harus diinstruksikan bagaimana untuk menyajikan gambar terdistorsi data ,
anak-anak di kelas menengah dan atas harus diajarkan bagaimana bias
diperkenalkan dalam grafik .
Anak-anak dapat belajar banyak tentang grafik dan cara membacanya dengan
membangun graphs. Such murid buatan grafik mereka sendiri dapat digunakan dalam
membuat orak atau tertulis laporan dan papan buletin displays.In membuat
akurasi grafik dalam presentasi harus ditekankan daripada artistik kesempurnaan
.
Seperti grafik, diagram secara luas digunakan untuk menyajikan cita-cita dalam
grafik way.Formal hidup dan kuat sering ditunjuk sebagai berikut :
Grafik 1.Narrative : Menceritakan sebuah cerita , menunjukkan peristiwa secara
berurutan ( Contoh : bagaimana kayu lapis dibuat , tahap perkembangan peradaban
, bagaimana menggunakan telepon , atau pengembangan rumah ) . .
2.Tabulayion grafik : . Lists data dalam bentuk tabel untuk memudahkan membuat
perbandingan ( Contoh : data yang ditempatkan dalam bentuk tabel untuk
menunjukkan angka kematian bayi , angka buta huruf , atau per kapita di antara
bangsa-bangsa datang dari dunia )
3.Pedigree grafik : Menunjukkan peristiwa yang berasal dari asal mula yang sama
( Contoh : pohon keluarga , pengembangan partai politik , atau sejarah bahasa )
.
4.Classification grafik : . Kelompok Data ke dalam berbagai kategori ( Contoh :
berbagai jenis restoran , jenis layanan pribadi yang tersedia , atau modus yang
berbeda dari sebuah organisasi )
5.Organization grafik : Menunjukkan struktur organisasi . ( Contoh : tiga
cabang govement , struktur korporasi , atau aschool kabupaten )
Grafik 6.Flow : Menunjukkan proses yang melibatkan perubahan pada titik-titik
tertentu ( Contoh : bagaimana bahan baku berubah produk jadi int , istirahat
massal dalam pengiriman pada fasilitas pelabuhan , atau bagaimana besi tua
diubah menjadi bahan baku yang dapat digunakan ) .
Sering menggunakan grafik formal dalam buku anak-anak memberikan dasar yang
baik untuk penyelidikan learning.In anak-anak tidak hanya proses belajar
membaca dan menafsirkan grafik , tetapi memperluas tahu langkan substantif dan
membangun pemahaman mereka tentang konsep-konsep yang terkait .
Grafik informal adalah mereka anak-anak dan guru membuat di classroom.These
mungkin pengalaman charats di mana catatan kelas apa yang telah grafik
doing.Such mungkin harus dilakukan dengan rencana satuan , metode kerja , atau
standar untuk mengevaluasi laporan , diskusi , atau umum informasi conduct.In
melakukan mencapai , siswa dapat membangun grafik data pengambilan di mana
mereka akan mencatat grafik findings.Data - retrivai mereka menyediakan cara
yang baik untuk menyimpan data dalam bentuk ringkasan untuk digunakan pada
waktu.Mereka kemudian juga perangkat yang sangat baik untuk membandingkan dan
kontras pengamatan .
Kartun pada halaman 202 mengingatkan kita berapa banyak pembaca harus membawa
ke ilustrasi tersebut jika mereka memiliki meaning.To seseorang yang tidak
akrab dengan penangkapan ikan paus kontroversi dijelaskan dalam cerita di halaman
194-196 , kartun ini tidak akan percakapan yang berarti dimaksudkan .
Ilustrasi ini juga menggambarkan beberapa teacniques digunakan oleh kartunis -
technists yang memberikan pesan mereka seperti power.In kasus ini kualitas
manusia emosi yang dianggap berasal dari zaman animal.Some kartunis menganggap
quaties hewan dengan manusia , biasanya menunjukkan karakteristik seperti
slyness , keburukan , keserakahan , licik , dan sebagainya on.Animals digunakan
untuk mewakili kelompok - nasional elang Amerika , beruang Rusia , singa
Inggris , naga Cina , dan keledai dan gajah partai politik oun kami .
Karakteristik penting dari pesan kartun adalah bahwa simbolisme dalam digunakan
dalam berbagai cara untuk menyajikan satu titik view.There ada kesempatan untuk
rebuttal.Cartoonists menggunakan situasi akrab , berlebihan , satir , dan
kartun caricature.Sometimes pendapat klise, kini kelompok-kelompok manusia
bahwa conflct dengan sikap dan nilai-nilai humanistik program atidies sosial
sering bercita-cita untuk mencapai dengan children.For contoh , kartun yang
menunjukkan orang-orang Afrika sebagai kanibal , atau orang-orang pribumi
Amerika sebagai orang liar berbulu , atau semua pejabat pemerintah sebagai
penjahat atau merayu bajingan jadi sedikit ke arah membantu membangun sikap
hormat terhadap kelompok-kelompok tersebut atau lembaga-lembaga yang mereka
wakili .
Kartun merupakan bagian penting dari sistem pesan kita gunakan untuk berurusan
dengan issues.Often sosial pemotongan kartun langsung ke jantung masalah , dan
, yang sekejap , berkomunikasi ide dengan kekuatan sedemikian rupa sehingga
titik hampir tidak bisa missed.But sebagai kartun paus menunjukkan , memahami
dan menafsirkan pesan dari media ini memerlukan pemahaman yang canggih dari
masalah involved.The kartun menjelaskan mereka dan menempatkan mereka ke dalam
perspektif yang berbeda untuk viewer.Cartoons tidak dimaksudkan untuk
memberikan informasi baru , melainkan cara berpikir yang berbeda tentang apa
yang known.Consquently , kartun digunakan dengan anak-anak sekolah dasar harus
didasarkan pada konten dan konsep jelas dalam bidang pemahaman dan pengalaman
anak-anak itu .
Berikut adalah
daftar peta dan globe kegiatan yang akan memberikan magang dengan beberapa
contoh dari jenis pengalaman yang dapat dijadikan untuk merangsang minat
anak-anak andat saat yang sama mengajarkan konsep-konsep and skills penting
yang berkaitan dengan memetakan dan membaca dunia belajar
1 . Setelah observasi on-the -spot dari halaman sekolah atau lingkungan sekitar, siswa
membentuk dasar peta tiga dimensi
dari daerah .
2 . Anak-anak dan guru menemukan tempat di mana cerita tentang anak-anak di
negeri-negeri lain mengambil tempat atau di mana berita terkait yang terjadi .
3 . Anak-anak menemukan majalah picturein yang menggambarkan berbagai bentang
alam : dataran , dataran tinggi , bukit , dan gunung-gunung .
4 . Murid membuat peta dari daerah yang sama , seperti daerah setempat , dengan
menggunakan skala yang berbeda untuk masing-masing peta.
5 . Anak melacak rute circleair besar pada peta dan bola dunia dan
membandingkan keduanya.
6 . Kelas membandingkan bentuk dari daerah yang diketahui proyeksi peta yang
berbeda .
7 . Kelompok ini mengembangkan sebuah pameran kelas peta yang ditemukan di
surat kabar saat ini dan periodecals andcompares mereka dengan peta
konvensional dan bola .
8 . Kelas mengembangkan sebuah kosakata
ilustrasi konsep
dan istilah assosiated dengan membaca peta .
9 . Theacer The mengamankan sebuah peta politik usang dunia (1940-1950 antik )
dan memiliki kelas membandingkannya dengan peta politik dunia saat ini .
10 . Kelas mengilustrasikan kesalahpahaman tentang peta souch sebagai "
utara adalah di bagian atas peta " atau " iklim beriklim sedang di
zona beriklim " .
INTERN TUGAS 8-3
Menggunakan ringkasan pada halaman 182-185 , pilih lima peta dan globe and
skills yang menurut Anda akan sesuai dalam ilmu-ilmu sosial kurikulum kelas
untuk Wich Anda telah ditugaskan . Diskusikan pilihan Anda dengan guru
assosiate bidang Anda .
BAGAIMANA ANAK-ANAK YANG MENGEMBANGKAN RASA WAKTU DAN KRONOLOGI ?
Ada banyak tradisi budaya urban , dunia barat industri untuk mengingatkan salah
satu pentingnya waktu . Airlines , kereta api , dan bus beroperasi pada jadwal
waktu , seperti halnya tempat bussines , pabrik , gereja , lembaga-lembaga
publik , acara olahraga , dan program televisi , untuk nama hanya beberapa .
Benjamin franklin mengatakan , " ingat bahwa waktu adalah uang , "
ini menjadi salah satu dari beberapa peribahasa tersebut yang menyamakan waktu
dengan keuntungan ekonomi . Ketika wespeak orang membuat " penggunaan yang
bijaksana " waktu mereka , kita biasanya berarti bahwa mereka sibuk pada
sesuatu dianggap " produktif . " Karena waktu adalah sebuah commudity
penting dalam kehidupan sebagian besar dari kita , kita memiliki sedikit
toleransi untuk waktu pemboros dan sepatu .
Terlepas dari sejumlah besar penelitian yang telah conduted pada kemampuan
manusia untuk menangani konsep waktu yang kronologi , banyak tentang fenomena
ini tetap terselubung dalam STERY saya. Ada dapat tidak mempertanyakan bahwa
persepsi seseorang tentang waktu tumbuh pengkondisian budaya . Ada beberapa
budaya di mana orang sebagai kompulsif tentang ketepatan waktu seperti Amerika
. Sampai batas tertentu , orientasi waktu seseorang berhubungan dengan keanggotaan
seseorang - kelas sosial , tetapi penelitian menunjukkan bahwa manusia sangat
bervariasi dalam kemampuan mereka untuk memahami konsep waktu . Keadaan juga
kondisi persepsi seseorang tentang waktu sehingga dalam beberapa kasus kita
mengatakan bahwa " waktu berlalu , " dimana dalam waktu pengaturan
lain tampaknya berlarut-larut tanpa henti .
Dalam menulis untuk buku tahunan ketiga puluh tiga dari NCSS , Alice W.
Spieseke indentifies tujuh unsur waktu dan kronologi yang berhubungan dengan
perkembangan anak-anak dan memberikan saran untuk mengajar masing-masing :
1 . Menguasai menceritakan waktu dengan jam .
2 . Memahami hari, minggu , bulan, dan tahun seperti yang diungkapkan oleh
kalender .
3 . Membangun aframework untuk hubungan waktu .
4 . Mengembangkan kosakata bermakna pasti dan terbatas ekspresi waktu .
5 . Mengatasi konsep waktu dalam membaca dan mendengarkan situasi .
6 . Realiting tanggal untuk pengalaman pribadi dan rentang hidup .
7 . Menempatkan peristiwa terkait dalam urutan kronologis .
Spieseke berhati-hati untuk menunjukkan bahwa urutan ini merupakan degress dari
difuculty tapi tidak boleh dianggap sebagai penempatan kelas sewenang-wenang
dari elemen-elemen ini . Urutan mengingatkan kita bahwa pengembangan konsep
waktu adalah proses bertahap yang meluas selama beberapa tahun . Berurusan
dengan waktu dalam arti historis menempatkan peristiwa dalam urutan kronologis
merupakan tingkat cukup matang berurusan dengan waktu . Tidak mengherankan ,
karena itu , bahwa anak-anak sekolah dasar memiliki diffuculty dalam menangani
konsep waktu jenis ini .
Anak-anak , tentu saja , belajar banyak tentang hubungan waktu melalui hidup
biasa di luar sekolah . diragukan lagi kebanyakan anak-anak akan belajar
bagaimana untuk memberitahu waktu , akan mempelajari hari opf minggu dan bulan
tahun ini , dan akan menjadi withterms akrab biasa digunakan dalam merujuk
satuan ton waktu , seperti siang , tengah malam , sore, dan pagi , acara jika
ini tidak diajarkan di sekolah . Program sekolah dapat memastikan bahwa keterampilan
ini dengan benar dan memadai dipelajari , namun, dan dapat memberikan
kesempatan pada anak untuk berlatih menggunakan mereka . Beberapa pelajaran
dengan jam simulasi , didukung oleh aplikasi praktis dalam mencatat whwn hal
yang terjadi dalam jadwal kegiatan pada siang hari , akan cukup untuk mengajar
kebanyakan anak bagaimana menghadapi waktu jam . Sangat jarang untuk menemukan
orang yang kompeten secara mental dewasa whon tidak bisa mengatakan waktu hari
. Dalam setiap kasus peningkatan penggunaan jam digital harus menghilangkan
sepenuhnya masalah dalam membaca waktu jam .
Dorongan utama dari program sekolah harus , karena itu , pada aspek-aspek waktu
dan kronologi yang tidak mungkin belajar di luar sekolah . Ini meliputi ( 1 )
bahasa yang lebih teknis waktu dan kronologi , seperti abad , dekade , dua
minggu , tahun fiskal , tahun kalender , generasi , skor , milenium , AM , PM ,
BC , dan AD , (2 ) menempatkan peristiwa dalam kronologis order; ( 3 )
mengembangkan anunderstanding waktu rentang bahwa peristiwa sejarah yang
terpisah . Lihat - setelah , beberapa tahun telah berlalu , dan dalam beberapa
tahun , perlu mendapat perhatian khusus karena mereka cenderung berarti hampir
semua jumlah waktu untuk anak-anak . Referensi yang pasti untuk waktu dapat
lebih mudah dibuat berarti ful dengan menghubungkan mereka dengan satuan waktu
yang diketahui anak-anak : usia mereka sendiri, panjang waktu yang mereka telah
di sekolah , ketika orang tua atau granparents mereka adalah anak-anak dari
usia mereka , dan seterusnya . Ajaran atau hubungan ini bisa dan harus
dilakukan dalam konteks unit Studis sosial , terutama yang berfokus pada
sejarah , dan sehubungan dengan berita saat ini .
Garis waktu sering digunakan untuk menunjukkan bagaimana peristiwa terkait diatur
dalam urutan kronologis dan untuk menunjukkan jumlah relatif waktu yang
memisahkan mereka . Pemikiran banyak digunakan , para ahli tidak sepakat
mengenai nilai bof garis waktu dalam menjelaskan waktu dan kronologi untuk
anak-anak . Anak-anak dapat mengembangkan konsep mewakili waktu pada sebuah
kontinum dengan menggoda charting peristiwa yang mereka alami secara fisthand .
Ini membantu mereka mengatur peristiwa dalam urutan yang benar . Mereka dapat
membuat garis waktu yang menunjukkan hal-hal yang terjadi pada mereka kemarin ,
hari ini, atau sedang direncanakan untuk besok . Jumlah waktu yang disertakan
pada garis dapat secara bertahap diperluas untuk mencakup beberapa bulan dan
kemudian tahun . Garis waktu yang lebih menarik untuk anak-anak jika peristiwa
ditunjukkan pictorially , bukan hanya sebagai titik dan tanggal . Dengan
anak-anak menengah dan atas kelas , sering digunakan dapat dibuat dari garis
waktu sehubungan dengan studi sejarah negara rumah mereka dan bangsa mereka .
Garis waktu tersebut tidak perlu berhenti dengan tanggal ini tetapi dapat
diproyeksikan ke masa depan , sehingga menggambarkan waktu yang terus-menerus
dan bahwa berdiri hadir antara masa lalu dan masa depan
.
INTERN TUGAS 8-4
Libatkan kelas Anda dalam satu atau lebih dari kegiatan berikut :
1 . Diskusikan arti dari beberapa referensi tak terbatas ke waktu bahwa kelas
telah mengalami baru-baru ini dalam studi sosial atau peristiwa saat ini .
2 . Mengembangkan garis waktu sederhana dengan kelas Anda menggunakan
simbol-simbol bergambar .
3 . Langsung studi kelas untuk garis waktu dalam buku mereka .
4 . Memiliki kelas membahas situasi di mana mereka berpikir " waktu filies
" dan lain-lain di mana mereka pikir waktu " bergerak dengan
kecepatan siput . " Dorong mereka untuk mengidentifikasi alasan untuk
perbedaan ini . Apakah situasi yang sama untuk semua siswa ?
5 . Memiliki berpikir kelas sebanyak ungkapan populer atau peribahasa karena
mereka dapat memiliki yang harus dilakukan dengan waktu . Melakukan kegiatan
ini selama hari dan sebagai ungkapan atau peribahasa yang disarankan ,
menempatkan mereka di papan pengumuman . Apakah anak-anak membuat gambar untuk
menggambarkan mereka . Diskusikan hal ini dalam hal pentingnya waktu dalam
kehidupan kita .
BAGAIMANA KEGIATAN BERITA SAAT DIGUNAKAN UNTUK MENGAJAR SOSIAL STUDIES KONSEP
AND SKILLS ?
Sebagian dari apa yang anak-anak di sekolah hari ini melaporkan berita acara
ascurrent akan studiet oleh rekan-rekan mereka dua puluh lima , lima puluh ,
atau seratus tahun dari sekarang sebagai Hitory . Peristiwa terkini adalah
bagian kecil dari aliran kejadian manusia yang terdiri dari kisah yang
tampaknya abadi manusia , ke bumi , dan alam semesta . Tujuan mengajar berita
acara saat di sekolah adalah ( 1 ) untuk mempromosikan kepentingan dalam urusan
saat ini dan perkembangan berita , ( 2 ) untuk mempromosikan pertumbuhan
keterampilan berpikir kritis assosiated dengan evaluasi dan analisis berita ,
dan ( 3 ) untuk membantu anak-anak belajar di sekolah berhubungan dengan
kehidupan di luar sekolah .
Demokrasi partisipatoris memerlukan informasi tentang warga publicissues saat
ini . Akan masuk akal untuk mengharapkan dewasa untuk memiliki keterampilan ini
tanpa oppurtunity untuk belajar mereka . Dengan cara ini studi peristiwa berita
saat ini dapat dan tidak berkontribusi langsung ke pelatihan kewarganegaraan
penting .
Dalam rangka mencapai tujuan tersebut , guru SD biasanya menyediakan waktu bagi
anak-anak untuk melaporkan berita dan mendiskusikannya . Dalam hubungan ini
kelas sering memiliki papan buletin berita yang berita yang diposting yang
telah dibawa ke scholl oleh guru dan anak-anak . Hal ini dapat dikombinasikan
dengan peta dunia yang digunakan untuk mengidentifikasi di mana berita sedang
berlangsung . Kebanyakan kelas juga menggunakan childrend ini berita mingguan
berkala . The childrend'snews majalah yang paling banyak digunakan adalah .
layanan buku skolastik
904 sylvan avenue
Tebing Engleworood , N.J. 07632
Mari kita find out , k
Newspilot
Berita ranger
trails Berita
Berita explorer
Berita warga
Newstime
skolastik junior
Publikasi pendidikan Xerox
pusat pendidikan
Columbus , ohio
Reader mingguan saya , k - 6
Peristiwa terkini , 7-9
Layanan pendidikan kewarganegaraan , inc
1733 k jalan
Washington , D.C 20006
ulasan junior
The extend yang program peristiwa terkini dan IPS program depens pada
masing-masing guru terkait . beberapa guru memisahkan dua program hampir
seluruhnya , sedangkan yang lain membangun banyak studi theirsocial
aroundcurrent kejadian berita . Mungkin pengaturan yang terbaik adalah beberapa
midposition yang mengikat urusan saat ini menjadi program studi sosial , tetapi
pada saat yang sama tidak membuat kejadian terkini kurikulum studi sosial .
Program Peristiwa terkini harus ditandai dengan serangkaian kegiatan murid -
melibatkan yang berhubungan dengan berita . Ini harus mencakup menggunakan meja
bundar dan diskusi panel ; mempersiapkan display menggambarkan berita , membuat
grafik , ghraphs , atau peta yang berhubungan dengan news events ;
mendramatisir berita acara ; menggambar kartun untuk menggambarkan the news ;
melakukan mock radio atau televisi newscats , dan mengembangkan sebuah koran
kelas . Berita memberikan pengaturan yang sangat baik untuk berpikir pengajaran
dan keterampilan penyelidikan . Program peristiwa saat ini harus melibatkan
anak-anak dalam belajar bagaimana menangani isu-isu kontroversial yang tepat
untuk and maturity usia mereka .
Berita yang berhubungan dengan isu kontroversial dapat ditemukan dalam semua
masyarakat , besar atau kecil . Berikut adalah beberapa contoh : wheter untuk
• Relokasi bandara karena keluhan dari jet kebisingan selama pendaratan dan
take-off .
• Biarkan daerah untuk menjadi rezonedfor pusat perbelanjaan .
• Parmit konstruksi jalan bebas hambatan melalui daerah perumahan atau pertanian
.
• Tutup fasilitas sekolah atau layanan publik lainnya atau SD
• Membangun stadion atletik
• Biarkan lapangan golf yang akan dibangun di atau dekat kota
• Pass peraturan tali anjing
• Biarkan hewan yang akan digunakan untuk penelitian medis
• Biarkan fprmsof perjudian tertentu .
• Batasi pembakaran sampah
• Membangun rumah sakit , sekolah , gedung pengadilan , tangki air , atau
televisi atau radio menara baru
• Membangun jembatan lain di seberang danau yang menghubungkan kota dengan
pinggiran kota
• Tentukan bangunan tertentu sebagai memiliki nilai pelestarian rumah sakit
Penyemprotan
• Biarkan
terkendali tanaman dan tanah
Cerita created news yang mengikuti diilustrasikan satu isu kontroversial
tersebut. Saat Anda membaca berita ini , didasarkan pada kejadian yang
sebenarnya di daerah suara puget , pikirkan ( 1 ) masalah itu pressents , dan (
2 ) apa kemungkinan itu berlaku sebagai kendaraan mengajar untuk murid di
kelas-kelas menengah atau atas . Di akhir cerita , saran mengajar beberapa
disediakan .
RANGKUMAN
DARI MATERI BAB 8 (CHAPTER 8)
Dimensi
Ruang dan Waktu Ilmu Sosial: konsep dan keterampilan
Ø Dalam
kompetensi dasar Ilmu sosial guru mampu :
1.
menjelaskan pentingnya dimensi waktu
dan ruang dari pendidikan ilmu sosial.
2.
mengidentifikasi keterampilan peta dan globe yang merupakan bagian penting dari program
ilmu sosial.
3.
merencanakan, lokasi, dan menggunakan pengalaman belajar dan sumber belajar
untuk mengajar konsep dan
keterampilan dari peta dan globe.
4.
membantu anak-anak dalma mengembangkan materi waktu dan kronologi.
5.
memanfaatkan urusan saat ini untuk mengajarkan ilmu-ilmu sosial konsep dan
keterampilan.
6.
mengajar anak-anak untuk membaca dan menafsirkan data yang disajikan dalam
bentuk grafik, gambar, dan kartun.
Ø ada banyak alat bantu pembelajaran yang dapat membantu seseorang berurusan dengan konsep-konsep yang kompleks, disediakan satu memiliki keterampilan untuk menggunakan contoh mereka.Untuk, bola dunia dan peta adalah alat yang sangat diperlukan untuk bekerja dengan ruang dan hubungan spasial. garis waktu dan grafik dan tabel dapat membuat beberapa jenis hubungan kuantitatif lebih mudah untuk dipahami. sangat penting, karena itu, bahwa program studi sosial mengajarkan anak-anak bagaimana menggunakan alat ini.
Ø satu daftar yang telah banyak digunakan
oleh distrik sekolah di seluruh bangsa dalam mengembangkan peta mereka dan
keterampilan dunia urutan muncul dalam dua buku tahunan Dewan Nasional untuk
Studi Sosial:
1. kemampuan untuk orientthe
peta dan arah untuk dicatat.
2. kemampuan untuk mengenali
skala peta dan komputer jarak.
3. kemampuan untuk menemukan
tempat di peta dan bola dunia melalui sistem jaringan.
4. abiliy untuk mengungkapkan
lokasi relatif.
5. kemampuan membaca simbol
peta.
6. kemampuan untuk
membandingkan peta dan membuat kesimpulan.
Ø Berikut adalah daftar peta dan globe
kegiatan yang akan memberikan magang dengan beberapa contoh dari jenis
pengalaman yang dapat dijadikan untuk merangsang minat anak-anak andat saat
yang sama mengajarkan konsep-konsep and skills penting yang berkaitan dengan
memetakan dan membaca dunia belajar
1 . Setelah observasi on-the -spot dari halaman sekolah atau sekitar langsung ,
siswa membangun lantai peta tiga dimensi dari daerah .
2 . Anak-anak dan guru di menemukan tempat di mana cerita tentang anak-anak di
negeri-negeri lain mengambil tempat atau di mana acara berita yang terjadi .
3 . Anak-anak menemukan majalah yang menggambarkan berbagai bentang alam :
dataran , dataran tinggi , bukit , dan gunung-gunung .
4 . Murid membuat peta dari daerah yang sama , seperti daerah setempat , dengan
menggunakan skala yang berbeda untuk masing-masing peta.
5 . Anak melacak rute circleair besar pada peta dan bola dunia dan
membandingkan keduanya.
6 . Kelas membandingkan bentuk dari daerah yang diketahui proyeksi peta yang
berbeda .
7 . Kelompok ini mengembangkan sebuah pameran kelas peta yang ditemukan di
surat kabar saat ini dan periodecals andcompares mereka dengan peta
konvensional dan bola .
8 . Kelas mengembangkan sebuah glossary
ilustrasi konsep dan istilah assosiated dengan membaca peta .
9 . Guru mengamankan sebuah peta politik usang dunia (1940-1950 antik ) dan
memiliki kelas membandingkannya dengan peta politik dunia saat ini .
10 . Kelas mengilustrasikan kesalahpahaman tentang peta souch sebagai "
utara adalah di bagian atas peta " atau " iklim beriklim sedang di
zona beriklim " .