Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarokatuh
Salam Geografi !
Berikut ini pemaparan mengenai materi geografi kelas XI SMA/MA tentang Indonesia sebagai poros maritim dunia. Semoga materi ini dapat menambah khazanah keilmuan kita. Jadi jangan lupa untuk berbagi dengan rekan sejawat lainnya ya.
Indonesia sebagai poros maritim merupakan salah satu agenda pembangunan Indonesia yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo. Karena adanya analisis pakar mengenai taksiran perdagangan internasional dimana 90% perdagangan dunia diangkut melalui laut dan dari 90% itu 40% nya melewati perairan Indonesia. Maka dari itu, posisi Indonesia yang strategis ini menjadikan peluang bagi Indonesia sebagai poros maritim dunia.
Dalam mewujudkan Indonesia sebagai
poros maritim dunia, ada lima pilar kebijakan utama untuk mewujudkannya, yaitu
:
- pembangunan
kembali budaya maritim Indonesia;
- komitmen
menjaga dan mengelola sumber daya laut, dengan fokus membangun kedaulatan
pangan laut, melalui pengembangan industri perikanan dengan menempatkan nelayan
sebagai pilar utama;
- mendorong
pengembangan infrastruktur dan konektivitas maritim, dengan membangun tol laut,
pelabuhan laut, logistik, dan industri perkapalan, serta pariwisata maritim;
- diplomasi
maritim yang mengajak semua mitra Indonesia untuk bekerja sama pada bidang
kelautan;
- sebagai
negara yang menjadi titik tumpu dua samudera, Indonesia berkewajiban membangun
kekuatan pertahanan maritim;
Adapun tantangan yang dihadapi dalam menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia adalah :
- Penguasaan
teknologi untuk membangun kekuatan laut;
- Kelembagaan
dan organisasi dapat mengatasi keterbatasan anggaran, infrastruktur kapal
survei;
- Koordinasi
kegiatan survei: Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian ESDM, Lembaga
Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Badan Informasi Geospasial, dan BPPT.
- Hidragrafi
data management
Salah satu upaya yang penting untuk dilakukan dalam menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia, maka sebaiknya sistem pelabuhan yang ada di Indonesia harus dimodernisasi sesuai dengan standar internasional, sehingga pelayanan dan akses di seluruh pelabuhan harus mengikuti prosedur internasional.
Selain itu, juga perlu adanya kerja
sama pemerintah pusat dan daerah,
masyarakat, dunia usaha, akademisi, dan juga organisasi kemasyarakatan dalam
mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia. Salah satu organisasi yang telah
memberikan peran penting dalam memberdayakan potensi maritim untuk mewujudkan
pemerataan pembangunan Indonesia, khususnya di dalam pengembangan “ekonomi
biru”, yaitu perekonomian hulu dan hilir di bidang kelautan dan perikanan
secara berkelanjutan adalah ASPEKSINDO.
ASPEKSINDO merupakan organisasi
kerjasama dan hubungan kemitraan antar Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir,
serta sebagai penghubung antara Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir dengan
Pemerintah pusat dan Industri/Swasta serta pihak lain baik dalam dan luar
negeri. ASPEKSINDO dibentuk atas dasar hasil kesepakatan yang dideklarasikan
oleh para Kepala Daerah (Gubernur, Walikota dan Bupati) Kepulauan dan pesisir
seluruh Indonesia atau wakil masing-masing Pemerintah Daerah secara
konstitusional dan demokratis.
Terkait aspek perwujudan Indonesia sebagai poros maritim dunia, aspek tersebut dibagi ke dalam dua bagian besar, yaitu :
Pertama, Kelompok Aspek Ekonomi
Kelautan dan Kemaritiman, yang menjadi aset andalan pengembangan dan
pembangunan Poros Maritim.
Kedua, Kelompok Aspek Tata Kelola,
yang akan menentukan bagaimana komponen pertama tersebut dapat dikelola dan
dikembangkan arahnya untuk mewujudkan Poros Maritim Dunia.
Nah, itulah pemaparan terkait materi Indonesia sebagai poros maritim dunia. Jangan lupa share dan follow blog geograf minang ya untuk mendapatkan materi lain terbaru.
Sumber Referensi :
https://setkab.go.id/indonesia-layak-jadi-negara-poros-maritim-dunia/
https://www.bappenas.go.id/id/berita/mewujudkan-indonesia-sebagai-poros-maritim-dunia
https://indonesiabaik.id/motion_grafis/indonesia-sebagai-poros-maritim-dunia
Baca juga KONSEP WILAYAH DAN TATA RUANG