-->

Letak Indonesia Secara Astronomis | Geografi Fase F




Hai sobat geograf minang.....

Pada kali ini kita akan membahas salah satu submateri dari materi pokok posisi strategis Indonesia dan potensi sumber daya alam yaitu Letak Indonesia secara astronomis serta keuntungan dan pengaruhnya.

Nah !, Kalian tahu nggak, sih, kalau Indonesia itu nggak cuma keren karena budayanya yang beragam, tapi juga karena letak astronomisnya yang super strategis? Yuk, kita bahas tentang letak astronomis Indonesia dan gimana pengaruhnya buat kita semua

1. Apa Itu Letak Astronomis?

Letak astronomis disebut juga letak absolut. Letak absolut mengidentifikasikan setiap lokasi sebagai titik melalui ukuran bujur dan lintang. Ukuran tersebut memiliki satuan derajat (°) dan diaplikasikan dalam sistem grid matematis.

Letak astronomis itu adalah posisi suatu tempat di permukaan bumi yang dilihat berdasarkan garis lintang (latitude) dan garis bujur (longitude). Garis lintang adalah garis khayal pada peta atau globe yang sejajar dengan garis khatulistiwa. Sementara itu, garis bujur adalah garis khayal pada peta atau globe yang menghubungkan kutub utara dan kutub selatan. 

Indonesia sendiri terletak di antara 6° LU (Lintang Utara) hingga 11° LS (Lintang Selatan), dan 95° BT (Bujur Timur) hingga 141° BT. Artinya, Indonesia ada di garis tengah (equator) bumi atau bisa dibilang nggak jauh-jauh amat dari khatulistiwa, bahkan kita dilalui oleh garis ini! Keren, kan? Nah, Wilayah Indonesia yang dilewati oleh garis zero latitude (garis lintang 0 derajat) atau biasa disebut dengan garis ekuator atau garis khatulistiwa ini yaitu Kota Bonjol di Sumatra Barat, Kota Pontianak di Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi, Kepulauan Batu di Sulawesi Utara, Pulau Halmahera di Maluku Utara, dan Pulau Waigeo di Papua Barat. 



2. Pengaruh Letak Astronomis Indonesia

Gimana, sih, letak ini mempengaruhi kehidupan sehari-hari kita? Berikut beberapa dampaknya yang wajib kamu tahu:

  • Iklim Tropis Sepanjang Tahun
    Karena Indonesia deket banget sama khatulistiwa, kita punya iklim tropis. Artinya, nggak ada yang namanya musim dingin ekstrim kayak di Eropa. Indonesia beriklim tropis dengan ciri-ciri:

    1. Intensitas curah hujan tinggi

    2. Mendapatkan sinar matahari sepanjang tahun

    3. Memiliki 2 musim yaitu kemarau dan penghujan

    4. Kelembaban udara yang tinggi

    5. Memiliki hutan hujan tropis, 

            Kita cuma punya dua musim, guys: musim hujan dan musim kemarau. Jadi, kita bisa                    menikmati sinar matahari hampir sepanjang tahun!

  • Waktu yang Terbagi Jadi Tiga Zona
    Nah, karena wilayah kita luas banget, Indonesia dibagi jadi tiga zona waktu: Waktu Indonesia Barat (WIB), Waktu Indonesia Tengah (WITA), dan Waktu Indonesia Timur (WIT). Jadi, kalau kamu sering lihat acara TV yang bilang "tayang jam 7 WIB," itu artinya beda sama waktu di Makassar yang pakai WITA.

            Waktu Indonesia bagian Barat (WIB)
Daerah yang berada di Indonesia bagian barat memiliki selisih waktu +7 terhadap GMT (Greenwich Mean Time). Wilayah-wilayahnya antara lain Pulau Sumatra, Pulau Jawa, Madura, Provinsi Kalimantan Barat, Provinsi Kalimantan Tengah, dan pulau pulau kecil di sekitarnya.

            Waktu Indonesia bagian Tengah (WITA)

Wilayah Indonesia tengah memiliki selisih waktu +8 terhadap GMT (Greenwich Mean Time). Wilayah-wilayahnya antara lain Bali, Nusa Tenggara, Kalimantan Selatan, Provinsi Kalimantan Timur, Pulau Sulawesi, dan pulau-pulau kecil sekitarnya.

            Waktu Indonesia bagian Timur (WIT)

Indonesia bagian timur memiliki selisih waktu +9 terhadap GMT (Greenwich Mean Time). Wilayah-wilayahnya antara lain Kepulauan Maluku, Papua, Papua Barat, dan pulau-pulau kecil sekitarnya.

  • Keanekaragaman Hayati yang beragam
    Berkat posisi geografis yang unik, Indonesia jadi rumah buat flora dan fauna yang nggak bisa kamu temuin di tempat lain! Dari hewan-hewan endemik kayak Komodo di NTT sampai orangutan di Kalimantan, semua bisa hidup nyaman karena iklim dan alam yang mendukung banget.

3. Keuntungan Letak Astronomis Indonesia

Letak astronomis Indonesia ini nggak cuma keren di peta, tapi juga membawa banyak keuntungan buat kita semua! Nih, beberapa di antaranya:
  • Sektor Pariwisata 
    Karena iklim tropis, Indonesia jadi destinasi favorit turis internasional yang pengen kabur dari dinginnya musim salju di negara mereka. Pantai eksotis, hutan tropis, sampai gunung-gunung indah yang kita punya selalu bikin mereka jatuh cinta! Dampaknya? Ekonomi kita bisa terus tumbuh dari sektor pariwisata.

  • Pertanian dan Perikanan yang Subur
    Sinar matahari sepanjang tahun dan curah hujan yang stabil bikin Indonesia cocok banget buat pertanian dan perikanan. Kita bisa panen padi, jagung, sampai buah-buahan tropis kayak pisang, nanas, dan durian yang pastinya jadi favorit. Nggak cuma itu, perairan kita juga kaya ikan dan hasil laut lainnya, lho.

  • Peluang Bisnis Ekspor yang Besar
    Berkat kekayaan alam kita yang melimpah, Indonesia juga jadi salah satu negara pengekspor produk alam yang besar, mulai dari kelapa sawit, karet, kopi, sampai hasil laut kayak udang dan tuna. Jadi, buat kalian yang mau jadi pebisnis, ada banyak peluang di sektor ini!

4. Tantangan dari Letak Astronomis

Tapi, ada juga tantangannya, guys! Karena letak astronomis kita yang tropis, Indonesia rawan banget sama bencana alam kayak banjir, gempa bumi, dan tsunami. Makanya, kita harus selalu siap siaga dan paham gimana cara menghadapi kondisi darurat.


YUK LATIHAN TENTANG LETAK ASTRONOMIS INDONESIA !  👊


Sumber referensi :

https://www.big.go.id/assets/download/2017/NKRI-2017/Peta_NKRI_Skala_2_5_04102017.pdf

big.go.id

https://akupintar.id/info-pintar/-/blogs/letak-astronomis-indonesia-pengaruh-dan-keuntungannya

https://www.ruangguru.com/blog/letak-geografis-dan-letak-astronomis-indonesia

https://www.kompas.com/global/read/2022/11/28/222700370/letak-astronomis-negara-indonesia

Buku Siswa kelas XI Kurikulum merdeka, Kemdikbud 2021

LihatTutupKomentar