-->

Sumber Data Kependudukan (Materi kelas 11 Geografi Dinamika Kependudukan)


Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh 

Hai Sobat Geografi

Pada semester genap ini materi geografi kelas 11 diawali dengan perihal demografi atau kependudukan. Nah, salah satu materi yang dibahas  adalah sumber data kependudukan yang digunakan pada umumnya dalam mendata penduduk Indonesia. 

Tahukah sobat geo ? bahwasannya dalam mengumpulkan data kependudukan menggunakan berbagai metode baik dari metode yang tradisional hingga metode terbaru saat ini karena dipengaruhi oleh perkembangan teknologi juga. 

Pada postingan ini juga, kita akan membahas metode terbaru yang digunakan saat sensus penduduk terakhir di tahun 2020.

Secara umum, sumber data kependudukan itu berasal dari sensus penduduk, survei penduduk dan registrasi penduduk.

1) Sensus Penduduk

Sensus penduduk adalah keseluruhan proses mengumpulkan, menghimpun, menyusun dan menerbitkan data demografi serta ekonomi dan sosial yang menyangkut semua orangpada waktu tertentu.

Tujuan dari sensus penduduk adalah :

a. Untuk mengetahui jumlah penduduk dari waktu ke waktu dalam satu periode

b. Untuk mengetahui jumlah dan sebaran serta kepadatan penduduk pada setiap wilayah

c. Untuk mengetahui berbagai informasi tentang kependudukan

d. Sebagai sumber data dalam perencanaan dan penentuan kebijakan pembangunan nasional


Jenis-jenis sensus penduduk 

a) Berdasarkan tempat tinggal penduduk, sensus dibedakan menjadi:

q  De facto, yaitu cara menghitung jumlah penduduk terhadap warga yang ditemukan pada saat pencacahan berlangsung, walaupun orang tersebut bukan warga asli pada wilayah yang sedang diadakan sensus.

q  De jure, yaitu dilakukan dengan cara melakukan penghitungan terhadap warga penduduk asli dari daerah yang sedang dilakukan sensus. Jadi, andaikataditemukan orang yang bukan asli penduduk di sana pada saat sensus, maka tidak dimasukkan dalam penghitungan. Untuk membedakan antara penduduk asli dan bukan asli ialah dari kepemilikan Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Kartu Keluarga (KK).

b) Berdasarkan metode pengisiannya, sensus dibedakan menjadi:

q  Metode Canvasser, yaitu pelaksanaan sensus di mana petugas mendatangi tempat tinggal penduduk dan mengisi daftar pertanyaan. Keunggulan metode ini, data yang diperoleh lebih terjamin kelengkapannya dan penduduk sulit untuk memalsukan data. Sedangkan kekurangannya adalah waktu yang diperlukan lebih lama karena jumlah petugas yang terbatas dan wilayah yang luas.

q  Metode Householder, yaitu pelaksanaan sensus di mana pengisian daftar pertanyaan dilakukan oleh penduduk sendiri. Kelebihan cara ini adalah waktu yang diperlukan lebih cepat karena petugas tidak harus mendata satu per satu penduduk.


        Pada tahun 2020, dengan perkembangan teknologi metode sensus penduduk ditambah dengan metode kombinasi. 

Sumber : Indonesiabaik.id


Hasil Sensus penduduk tahun 2020  sebagai berikut.

Sumber : www.bps.go.id


2) Survei Penduduk

Survei penduduk adalah merupakan salah satu metode mengumpulkan data penduduk dalam beberapa peristiwa demografi atau ekonomi dengan cara penarikan sampel daerah sebagai kawasan yang bisa mewakili karakteristik negara tersebut. 

3) Registrasi Penduduk

Registrasi Penduduk merupakan kumpulan berbagai keterangan dari kejadian penting yang dialami oleh manusia, seperti data perkawinan, perceraian, perpindahan penduduk, dan kejadian-kejadian penting lainnya yang tertulis. Semua catatan itu pada akhirnya dikumpulkan dan dipergunakan sebagai sumber data resmi dalam penghitungan semua peristiwa demografi.


Sumber referensi :

www.bps.go.id

www.indonesiabaik.id






LihatTutupKomentar